26 Januari 2014

Atasi Panas Dengan Dadap Serep

Dadap serep ialah salah satu tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk untuk meredakan sakit panas.
Tanaman ini biasanya mudah ditemukan di kawasan pantai atau di kawasan sekitarnya, terutama yang berdekatan dengan muara sungai.
Pohon Dadap tersebar di berbagai wilayah di India, Afrika Timur, Asia Tenggara, dan Nusantara tentunya. Tanaman Dadap serep dapat ditemukan di dataran rendah dengan ketinggian sampai 1.500 meter di atas permukaan air laut. Cara membuat ramuan Dadap serep untuk penyembuhan sakit panas, antara lain sebagai berikut:
  • Siapkan daun Dadap serep, Jeruk nipis, dan air secukupnya.
  • Masukkan Daun Dadap serep ke dalam air yang sebelumnya sudah diberikan perasan air Jeruk nipis. Lalu, remas-remaslah daun Dadap serep dan tempelkan pada bagian kepala. Diamkan beberapa saat. Bila sudah kering, Anda bisa menggantinya dengan ramuan Dadap serep yang baru.
Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut.
  • Ramuan Dadap serep dianjurkan untuk diberikan secara terus-menerus sampai panasnya reda. Namun, apabila lebih dari 3 hari panasnya belum juga reda, sebaiknya segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.
  • Kompres orang yang sedang sakit panas tersebut pada bagian kepala, ketiak, lipatan paha dan juga perut dengan menggunakan ramuan di atas.
  • Upaya mengompres tersebut bisa dikombinasikan dengan obat-obatan yang diberikan dokter untuk mempercepat kesembuhan pasien.
Itulah cara-cara yang bisa dilakukan ketika ada keluarga atau mungkin Anda sendiri yang menderita sakit panas. Anda bisa mencobanya sebelum mendatangi dokter. Jika sakit panas belum juga reda setelah 3 hari, pengobatan dapat diteruskan dengan mengunjungi dokter terdekat.

Tidak ada komentar:
Write komentar