20 Februari 2014

Khasiat Dan Manfat Daun Meniran

Meniran (Phyllanthus niruri L), termasuk family Euphorbiaceae, merupakan satu tumbuhan obat asli Indonesia yang sering digunakan masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat Meniran juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.Meniran banyak tumbuh disekitar rumah kita.Sepintas hampir mirip tumbuhan Putri Malu namun tidak berduri dan mempunyai buah kecil kecil.

Dalam sejarah obat tradisional Indonesia, meniran sebenarnya telah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Dari mulai radang dan batu ginjal, susah buah air kecil, disentri, ayan, penyakit lever, sampai rematik.

Dari ratusan kandungan kimia meniran yang dimanfaatkan hanya flavonoidnya. Pada tanaman lain, flavonoid sejenis ini sebenarnya juga ada. Bedanya, pada meniran, peningkatan aktivitas sitem imunnya ternyata lebih baik.


Flavonoid dari meniran bekerja pada sel-sel tubuh yang menjadi bagian dari sistem imun. Caranya dengan mengirimkan sinyak intraseluler pada reseptor sel, sehingga sel bekerja lebih optimal. Jika sistem imun dalam sel berfungsi memakan bakteri (fagosit) nafsu makan jadi bertambah.

Jika fungsinya mengeluarkan mediator yang menambah ketahanan tubuh, hasil pengeluaran akan lebih baik. Atau jika kerjanya mengurai sel lain, prosesnya akan berlangsung lebih mulus.
itulah sekilas tentang meniran, Nah berikut saya akan berikan Khasiat Meniran serta cara pengolahannya secara terperinci

Berikut khasiat meniran untuk sistem imun :

1. Khasiat Meniran sebagai obat Batu saluran kencing
   
Cara pengolahan :
Cuci bersih sebanyak 30 gram daun meniran segar, 30 gram daun sendok, dan 30 gram daun tempuyung. Rebuslah semua bahan menggunakan 4 gelas air dan biarkan hanya tersisa sebanyak 2 gelas. Biarkan mendingin kemudian saring air rebusan tadi. Air ramuan diminum 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari.

2. Khasiat Meniran sebagai obat Hepatitis
Cara pengolahan :
Rebuslah sebanyak 30-60 gram daun meniran segar menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Biarkan mendingin kemudian saring air rebusan. Ramuan diminum sekaligus 1 kali sehari selama satu minggu.

3. Khasiat Meniran sebagai obat Digigit anjing gila
 
Cara pengolahan:
Siapkan 4-6 tumbuhan herba meniran ( bagi anak kecil cukup gunakan setengahnya). Rebus meniran menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga 1 gelas. Biarkan mendingin kemudian saring air rebusannya, Air rebusan diminum sekaligus 1 kali sehari.

4. Khasiat Meniran sebagai obat Nephritic edema dan radang ginjal
 
Cara pengolahan: 
Rebuslah 1/2 genggaman daun meniran menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 2 1/4 gelas. Kemudaian saring air rebusan tadi, Air rebusan diminum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas dengan ditambahkan madu.

5. Khasiat Meniran sebagai obat untuk Rematik

Cara pengolahan:
Cuci bersih 1 sendok makan daun meniran segar dan 7 lembar daun kumis kucing. Rebus semua bahan menggunakan 1 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1/2 gelas.     Biarkan mendingin dan saring air rebusan. Air ini diminum sekaligus 1 kali sehari.

6. Khasiat Meniran sebagai obat Bisul di kelopak mataCara pengolahan:
Rebuslah herba meniran segar secukupnya menggunakan 1 gelas air. Biarkan mendingin dan saring air rebusan. Gunakan air ini untuk mencuci mata dengan memakai gelas khusus. Sebaiknya dilakukan 3 kali sehari.
   
7. Khasiat Meniran sebagai obat Rabun senja
Cara pengolahan:
Cuci bersih 15-30 gram herba meniran segar dan tambahkan hati ayam secukupnya. Semua bahan dibikin Tim kedua kemudian dimakan.

8. Khasiat Meniran sebagai obat Disentri
 
Cara pengolahan:
Rebuslah sebanyak 30-60 gram herba meniran segar menggunakan 3 gelas air dan biarkan hinggai tersisa 1 gelas. Biarkan mendingin dan saring air rebusan. Kemudian diminum sekaligus 1 kali sehari.

9. Khasiat Meniran sebagai obat luar
Cara pengolahan:
Giling herba meniran segar dan nasi dingin dengan jumlah yang sama sampai halus, Kemudian tempelkan hasil gilingan itu pada luka terkena gigitan, kemudian balut menggunakan kain perban. Cara ini dilakukan 3 kali sehari.

10. Khasiat Meniran sebagai obat Peluruh seni, kencing batu, kencing nanah, nyeri ginjal, demam dan mencret
Cara pengolahan:
Cuci bersih sebanyak 10 gram herba meniran segar. Rebuslah menggunakan 2 gelas air selama kira kira 25 menit. Biarkan mendingin kemudian saring air rebusannya, Kemudian airnya diminum pada pagi hari dan sore hari.

Demikianlah manfaat dan Khasiat Meniran bagi kesehatan. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat.

1 komentar:
Write komentar

  1. herbal meniran bisa untuk asam urat juga lho... salah satu fungsinya.
    Kandungan meniran ini ada di "nulang" obat herbal asam urat....

    BalasHapus