19 Maret 2014

Khasiat dan Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.

Kandungan Gizi

Jamur  tiram mempunyai  kandungan protein, vitamin, dan mineral  yang cukup tinggi.  Selain itu yang  lebih penting  lagi untuk diperhatikan adalah kandungan asam amino essensialnya.  Dari 20 jenis  asam amino essensial, 9 jenisnya ada  terdapat  pada jamur tiram.

Asam amino essensial adalah asam amino yang tidak diproduksi  oleh tubuh manusia.  Asam amino essensial  ini sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh manusia.
9  jenis  asam amino essensial  yang  terkandung  dalam  jamur  tiram itu adalah:  lysine, methionin, trypthofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin.

Vitamin  yang  terdapat  pada jamur  tiram diantaranya adalah:  B1 (thiamin), B2 (ribovlafin), niasin dan biotin.  Sedangkan untuk mineralnya  jamur tiram mengandung  Kalium, Pospor, Ferrum, Calsium, Natrium, Magnesium, Cuprom dan lain-lain.

Khasiat Jamur Tiram

Jamur  tiram terbukti  berperan sebagai  anti virus,  anti bakteri,  menurunkan kolesterol ,  dan sebagai  penguat  fungsi hati.
Khasiat jamur tiram tidak diragukan lagi juga sebagai bahan untuk  pengobatan. Diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Dapat Meningkatkan Sel Darah Merah (Eritrosit)

zat besi dan niasin yang terkandungan didalam jamur sangatlah berguna untuk membentuk sel-sel darah merah manusia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sel-sel darah merah adalah komponen terbesar didalam darah, jumlahnya 45% hingga 60% dari keseluruhan volume darah dalam tubuh.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol

Jamur tiram juga terdapat kandungan serat cukup tinggi, sehingga memiliki manfaat untuk menurunkan kepekatan lemak dalam darah manusia, mengeluarkan kolesterol maupun mencegah penyerapan yang berlebih dari makanan yang telah kita konsumsi.

3. Dapat Mengobati Kanker

Kandungan polisakarida lentinan didalam jamur tiram telah dipercaya memiliki kemampuan menekan pertumbuhan sel – sel kanker, khususnya ialah kanker kolon. Setidaknya untuk para penderita kanker dibutuhkan konsumsi kurang lebih satu kg jamur tiram perhari atau tujuh kg perminggu selama kurun enam bulan untuk masa pengobatan.

4. Sebagai Tambahan gizi untuk ibu hamil

Kandungan zat gizi penting lainnya yang terdapat didalam jamur tiram ialah asam folat. Asam folat diperlukan untuk sintesis timidin, yaitu salah satu bagian pembentukan DNA manusia. Oleh karena itu agar kandungan asam folat didalam jamur tidaklah rusak maka jamur tiram tidak boleh dimasak didalam suhu yang terlalu tinggi. Asam folat ini sangatlah dibutuhkan pada waktu hamil, menyusui, metabolisme yang berlebihan, hingga bagi para penderita kanker.
Jamur Tiram relatif aman jika di konsumsi sekehendak hati karena kandungan Kalorinya sangat rendah.Intinya Jamur Tiram sangat baik untuk mencegah Kolesterol jahat dalam yang ada didalam darah, menyerap kelebihan kadar gula didalam darah dan menyeimbangkan metabolisme tubuh manusia.
 

Tidak ada komentar:
Write komentar