07 Mei 2015

Senam Kegel Mempengaruhi Gairah Seks




G-Spot - Senam kegel sering juga di sebut dengan senam seks yang memiliki tujuan untuk memperkuat otot otot panggul yaitu otot pubococcygeals.Senam kegel saat ini ditujukan untuk memperkuat dalam kualitas hubungan intim seseorang. Bagi pria, senam kegel dapat bermanfaat untuk mengontrol terjadinya gangguan ejakulasi dini. Gerakan senam kegel dapat menguatkan otot seputar vagina dan perut kencang. Seks pun makin "mencekeram"!

Bila sudah sangat ahli manfaat yang bisa dirasakan konon bagi pria adalah dapat merasakan klimaks yang berulang-ulang. Sedangkan bagi wanita, senam kegel akan berfungsi menguatkan otot panggul dan sekitar kelamin. Yang dapat membantu wanita untuk lebih peka terhadap rangsangan. Terlebih lagi jika setelah melahirkan, senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan kembali organ intim wanita ke bentuk semula.

Berikut ini dasar gerakan senam kegel:

Berbaring telentang, tangan di samping tubuh. Buka kaki 30 cm dan tekuk lutut, telapak kaki menyentuh lantai. Sangga pundak dan kepala dengan bantal.
Relaks, kendurkan sleuruh otot tubuh kecuali otot PC (otot dasar panggul/pubococcygeus muscles). Bernapas normal dan hindari menegangkan atau menggerakkan paha, bokong, dan otot perut selama berlatih.
Gerakan lambat. Kontraksikan otot PC perlahan-lahan dari irngan hingga maksimal, tahan 4 detik. Lemaskan dan relaks, 4 detik. Lemaskan dan relaks, 4 detik. Ulangi 5 kali. Tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 10 detik baik untuk kontraksi maupun relaks.
Gerakan cepat, kontraksikan otot PC, tahan 1 detik, lemaskan 1 detik. Ulangi 5 kali. Perbanyak ulangan kontraksinya secara bertahap.

Variasi Gerakan Senam Kegel

Belum kegel juga? Kini gerakannya semakin variatif. Saat hamil hentikan latihan jika mengalami kontraksi rahim.

1. Lift naik turun. Saluran vagina (posisi vertikal) obat tabung dengan cincin otot yang berhubungan kuat satu sama lain. Bayangkan cincin itu sebagai lantai gedung bertingkat. Anda sedang menggerakan lift dari atas ke bawah dan sebaliknya. Mulailah dengan menaikkan lift perlahan ke lantai 2, tahan 1 detik. Naik lagi ke lantai 3, dan seterusnya sampai lantai 5. Tahan 1 detik. Turunkan lift perlahan lantai demi lantai dengan istirahat sejenak di tiap lantai. Setelah sampai lantai 1, lanjutkan perjalanan ke basement sampai semua otot benar-benar lemas atau kendur.

2. Gelombang berayun. Otot PC (otot dasar panggul/pubococcygeus muscles) terbentuk mengikuti pola 3 lingkaran. Satu di sekitar saluran kemih, satu di sekitar vagina, satu lagi di sekitar anus. Jika pada variasi lift Anda membayangkan gerak kontraksi naik-turun, maka pada variasi gelombang bayangkan gerakan kontraksi berurutan dari depan ke belakang, yaitu dari lingkaran otot di skeitar saluran kemih, vagina, ke anus. Tahan, lalu lemaskan dari arah sebaliknya (belakang ke depan), dari lingkaran otot di sekitar anus, vagina, ke saluran kemih.

Satu seri latihan kegel terdiri dari gerakan lambat dan cepat. Jumlah keduanya harus sama, misal 5-5, 10-10. Lakukan minimal 2 kali sehari. Semakin sering semakin baik.
Saat hamil, hentikan latihan jika mengalami kontraksi rahim.
Untuk mengukur keberhasilan latihan kegel, gunakan metode sederhana seperti tes menyetop pancaran urine-tahan dan lepaskan lagi-jika berhasil latihan kegel sudah berhasil. Bisa juga dari frekuensi buang air kecil perhari yang tidak terlalu sering, dari volume urine setiap kali berkemih (normal, 400-500 ml), atau menggunakan alat digital vaginal assessment.

Tidak ada komentar:
Write komentar