19 Maret 2014

Khasiat dan Manfaat Jamur Merang

 
Diantara sekian banyak jenis jamur, salah satu yang terkenal adalah jamur merang. Bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi manfaat jamur merang ternyata juga cukup banyak . Maka dari itu, jika anda  adalah penggemar jamur ini, maka anda  termasuk orang yang beruntung.



Jamur merang (Volvariella volvacea, sinonim: Volvaria volvacea, Agaricus volvaceus, Amanita virgata atau Vaginata virgata) atau kulat jumpung dalam bahasa Aceh adalah salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis
Sebutan jamur merang berasal dari bahasa Tionghoa cǎogū (Hanzi:)

Kandungan nutrisi yang terkandung pada jamur merang

- Karbohidrat, protein, lemak dan juga vitamin (B kompleks dan C). Kandungan protein dalam jamur terbilang cukup tinggi.
- Beberapa mineral penting untuk tubuh kita, seperti fosfor, kalsium, magnesium, zat besi dan juga kalium. Yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh kita.
- Zat antibiotik yang sangat berguna untuk tubuh.
- Selain kandungan gizi, jamur merang juga mempunyai kandungan non-gizi yang berupa serat/fiber.

Manfaat jamur merang untuk kesehatan

- Jamur merang bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita dan juga meningkatkan produksi kolesterol baik.
- Bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.
- Mengurangi resiko kalian terkena penyakit jantung yang berbahaya.
- Mampu mengurangi resiko terserang kanker.
- Karena kandungan proteinnya yang tinggi sangat baik dalam membantu metabolisme yang terjadi dalam tubuh kita.
- Zat eritadenin yang terkandung dalam jamur merang merupakan zat aktif dalam jamur merang yang dipercaya mempunyai kemampuan dalam menawarkan racun yang terdapat dalam tubuh kita.
- Jamur merang juga merupakan sumber dari enzim yang cukup baik. Salah satu enzim yang terdapat dalam jamur ini adalah tripsin yang bermanfaat dalam proses pencernaan.
- Kandungan serat yang tinggi juga berguna untuk sistem pencernaan tubuh kita. Bagi kalian yang sedang diet, jamur merang sangatlah cocok.

Demikian beberapa manfaat yang terkandung dalam jamur merang, serta kegunaannya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar