19 Maret 2014

Khasiat dan Manfaat Lumut Hati

Lumut hati atau echino dermata atau Hepaticea (Hepaticophyta) yang sering kita jumpai di sumber-sumber air di pegunungan ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.
Salah satu jenis lumut hati yang mudah dijumpai adalah Marchantia polymorpha. Tumbuhan lumut yang ada di indonesia ada 1500 species. Sebagai tumbuhan tingkat rendah, lumut memiliki fungsi yang tidak kalah penting dibanding tumbuhan lain. Nah bagaimana bentuk dan modelnya jenis lumut hati ini dapat dilihat di gambar di samping  ini supaya anda bisa kenal lebih dekat.
 
Marchantiophyta (Hepaticophyta) atau lumut hati banyak ditemukan menempel di bebatuan, tanah, atau dinding tua yang lembap. Bentuk tubuhnya berupa lembaran mirip bentuk hati dan banyak lekukan. Tubuhnya memiliki struktur yang menyerupai akar, batang, dan daun. Hal ini menyebabkan banyak yang menganggap kelompok lumut hati merupakan kelompok peralihan dari tumbuhan Thallophyta menuju Cormophyta. Lumut hati beranggota lebih dari 6000 spesies.
Di dunia herbal dikenal bahwa khasiat tanaman bisa dilihat dari bentuk tanamannya.  Lumut hati ini sekilas memang mirip dengan hati, sehingga juga berkhasiat untuk hati.

Contoh Pemanfaatan Lumut Hati Untuk Pengobatan:

Obat Luka dan menghilangkan racun akibat gigitan ular 

Caranya dengan cara meremas herba lumut hati hingga keluar airnya lalu bubuhkan lumut yang sudah diperas tadi di atas luka, kemudian balut.

Obat Hepatitis c

Untuk mengobati liver hepatitis c, caranya sebagai berikut:
Ambil sekitar 10 gram lumut hati kemudian cuci hingga bersih, tiriskan di bawah sinar matahari selama sekitar 10 menit, setelah itu  rebus dengan menggunakan air bersih sebanyak 500 cc, sampai air rebusan  susut setengah nya. sebaiknya direbus dengan belangan tanah liat.  Biarkan dingin lalu minum setelah makan dan rasakan khasiatnya.Minum 3 kali sehari .

Tidak ada komentar:
Write komentar