19 Maret 2014

Khasiat dan Manfaat Jamur Kuping

Jamur kuping (auricularia auricular) biasanya tumbuh liar di pohon tumbang atau batang kayu kering. Tetapi saat ini, sesudah diketahui manfaatnya untuk penyembuhan, jamur ini banyak dibudidayakan dikarenakan banyak diperlukan. Sebanyak hasil penelitian juga menunjukkan manfaat jamur kuping untuk menyembuhkan bermacam penyakit.

Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.

Gizi Lengkap Jamur Kuping

Kandungan gizi yang ada dalam jamur kuping terbilang lengkap. Dalam tiap-tiap 100 gram, ada kandungan energi yang cukup tinggi yakni sejumlah 284 kkal, karbohidrat 73 gram, serta protein 9, 25 gram. Namun kandungan mineral utamanya yaitu kalsium sejumlah 159 mg, kalium ( 754 mg ), fosfor ( 184 mg ), magnesium ( 83 gr ), serta natrium ( 35 mg ). Untuk kandungan vitaminnya meliputi thianin, riboflavin, serta niacin. Jamur kuping juga dikenal banyak memiliki kandungan serat serta air. (Bandingkan juga dengan kandungan Buah Anggur Merah).

Manfaat dan Kegunaan

Jamur kuping memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.

Sedangkan, jika jamur kuping dipanaskan maka lendir yang dihasilkan memiliki khasiat antara lain:

Penangkal/penonaktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.

Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping, efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 – 90%. Berfungsi juga untuk antikoagulan.

Lendir jamur kuping dapat meghambat dan mencegah penggumpalan darah. Dapat menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan syaraf, dapat mengurangi stres, berfungsi sebagai antioksidan, dan juga antitumor.Dan juga bisa untuk pencegahan Kanker.Lendir ini juga dikenal dapat menangani kolesterol hingga amat baik menghindar beragam penyakit degeneratif.

Untuk mendapatkan manfaat jamur kuping untuk kesehatan, banyak cara yang dapat dikerjakan untuk mengkonsumsinya. Cara termudah yaitu dengan menyajikannya sebagai menu masakan. Tak hanya nikmat, menu sejenis ini juga bisa jadikan makanan obat yang manjur.

Itulah sekilas tenyang manfaat Jamur Kuping bagi Kkesehatan.

1 komentar:
Write komentar