22 Maret 2014

Khasiat dan Manfaat Suweg

Siapa yang tidak kenal dengan Suweg. Suweg dengan nama ilmiah Amorphophallus variabilis sering juga disebut dengan nama porang, sooweg, waloor, beles, dan sobek. Tanaman suweg merupakan salah satu tanaman langka dari kerabat bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) dan iles-iles (Amorphophallus muelleri). Tanaman yang tidak memiliki batang sejati ini banyak dijumpai di hutan-hutan tropis serta menghasilkan bunga yang berbau busuk, untuk itu tanaman suweg tidak begitu disukai masyarakat. Tanaman suweg menghasilkan umbi. Dulu, pada jaman penjajahan Belanda, umbi suweg dijadikan sebagai bahan pangan alternatif pengganti beras dan bahan karbohidrat lainnya oleh rakyak Indonesia. Bahkan tanaman ini memiliki andil sangat besar bagi rakyat miskin pada waktu itu karena mereka menjadikan umbi suweg sebagai sumber cadangan pangan. Tidak hanya bermanfaat sebagai bahan pangan saja, umbi suweg juga diyakini mempunyai khasiat dan manfaat sebagai tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan bermaca-macam penyakit.

Kandungan Suweg


Umbi suweg mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga dalam kehidupan sehari-hari umbi suweg sering diolah seperti umbi-umbi lainnya seperti pengolahan ubi jalar dan uwi. Meskipun demikian, kandungan gizi umbi suweg lebih rendah jika dibandingkan dengan uwi dan ubi jalar. Kandungan zat gizi suweg dalam 100 gram terdiri dari karbohidrat 15,7 gr, protein 1 gr, lemak 0,1 gr, kalsium 62 mg, fosfor 41 mg, vitamin C 5 mg, zat besi 4,2 mg, vitamin B1 0,07 mg. Umbi suweg juga mengandung zat kimia seperti flavonoid dan saponin. Sedangkan pada daun dan batang suweg mengandung saponin dan polifenol.

Manfaat Suweg 


Herbal suweg bersifat antiinflamasi, antiracun, mencegah pendarahan, dan mengobati luka. Umbi suweg segar mempunyai manfaat dan khasiat sebagai obat bisul dan luka, baik luka baru maupun luka karena terkena bisa. Selain itu, umbi suweg juga mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes melitus atau sering dikenal dengan nama kencing manis.

Berikut ini contoh ramuan herbal suweg sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit:

Mengobati Bisul

Bahan
Herbal umbi suweg (Amorphophallus variabilis) 7 gr
Cara Membuat
Ambil umbi suweg sebanyak 7 gram, kemudian kupas menggunakan pisau tajam, setelah selesai lalu cuci sampai bersih dan kemudian diparut. Hasil parutan herbal suweg ini siap menjadi ramuan obat bisul.
Balurkan ramuan herbal suweg di atas permukaan bisul. Lakukan setiap hari secara rutin.

Obat Luka Baru dan Luka Karena Biasa


Bahan
Umbi suweg (Amorphophallus variabilis) secukupnya
Cara Membuat
Sama seperti pada pengobatan bisul, umbi suweg dikupas terlebih dahulu lalu dicuci sampai bersih, setelah bersih kemudian diparut untuk dijadikan ramuan.
Balurkan ramuan herbal suweg di bagian tubuh yang luka.
<p>Your browser does not support iframes.</p>

Tidak ada komentar:
Write komentar