06 April 2014

Khasiat dan Manfaat Anting Anting

Anting-anting (Acalypha australis L.) atau juga biasa disebut kucing-kucingan,lelatang merupakan gulma yang sering dijumpai di bantaran Kali Surabaya, disamping pohon-pohon pisang dan rerumputan tegalan ,
menempel di tepian got, sangat umum ditemukan liar dipinggir jalan.

Tanaman ini disebut kucing-kucingan sebab, kucing sangat menyukai akar-akar nya. Bisa dicoba dengan menjemur bagian akar dan memberikannya pada kucing anda maka dengan bernafsu kucing akan menggunyahnya. Dalam beberapa penelitian akar Anting-anting atau kucing-kucingan dapat memperbaiki fungsi ginjal pada kucing.

Sifat dan Khasiat

Rasa pahit,sifatnya menyejukkan (astrigen).Berkhasiat antiradang, peluruh kencing (diuretik), pencahar, dan penghenti pendarahan.

Indikasi

digunakan untuk pengobatan :
1. Rematik (Gout)
2. Radang pada leher Rahim
3. susah buang air besar (Sembelit)
4. Luka berdarah, koreng, radang kulit
5. Berak darah

Contoh Cara Pemakaian

Sembelit Cuci satu tumbuhan segar (berikut akarnya), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 1 gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.Lakukan pada malam hari.

Radang Leher Rahim Cuci satu tumbuhan segar (berikut akarnya).Rebus dalam 5 gelas air sampai mendidih hingga air menjadi 2 gelas

Rematik Resep sama seperti radang leher rahim

Untuk pemakaian luar giling herba segar sampai halus, lalu bubuhkan pada tempat yang sakit, seperti bisul, luka berdarah, eksim, radang kulit atau gigitan ular.

Resep tradisional:

1. Disentri Amoeba : Tanaman kering (seluruh batang) sekitar 30-60 gram direbus, air rebusan diminum 2 kali dan diulangi untuk 5-10 hari.
2. Dermatitis, Eksema, Koreng : Herba segar secukupnya direbus, air rebusannya untuk cuci kulit yang sakit.
3. Batuk, mimisan dan berak darah : Tanaman kering 30-60 gram, direbus dan diminum setelah dingin.
4. Obat untuk kucing : Akar biasa dipakai obat oleh kucing secara naluriah.
5. Pendarahan, Luka bakar : Herba segar ditambah gula pasir secukupnya, dilumatkan kemudian ditempel ketempat yang sakit.
6. Disentri Basiler : Tanaman kering 30-60 gram, ditambah portulaka 30 gram, gula 30 gram, direbus dan diminum setelah dingin.
7. Diare, muntah darah : Tanaman kering 30-60 gram, direbus dan diminum setelah dingin.

Nah itulah khasiat dari anting anting untuk kesehatan semoga bermanfat.

Tidak ada komentar:
Write komentar