06 April 2014

Khasiat dan Manfaat Bandotan

Bandotan atau Ageratum conyzoides.Tumbuhan liar dibibir sungai, tegalan dan halaman rumah, tersebar luas dari sabang sampai merauke. Apabila daunnya di remas perlahan akan menimbulkan bau lebus seperti wedus , oleh karena itu tumbuhan ini juga sering wedusan .Tingginya antara 30-90 cm, bercabang, batang berambut kasar, daun hijau tua dan kasap bila diraba permukaannya, bunga putih. Bagian yang digunakan untuk obat adalah herba (bagian diatas tanah) dan akar.Herba yang digunakan berupa herba segar atau yang telah di keringkan.  
Sifat dan Khasiat
Herba ini rasanya sedikit pahit, pedas, dan sifatnya netral. Bandotan berkhasiat stimulan, tonik, peredah demam (antipiretik), antitoksik, menghilangkan pembengkakan, menghentikan pendarahan (hemostatis), peluruh haid (emenagog), tonik, peluruh kencing (diuretik), dan peluruh kentut (Karminatif).

Beberapa khasiat Bandotan dan cara  pengobatan

Tumor rahim

Rebus 30 - 60 g daun bandotan segar atau 15-30 g herba kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas, herba segar dapat juga ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum satu gelas perhari.

Badan Lelah dan Perut Kembung
20 Helai daun bandotan, dan 10 helai daun pecut kuda, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa 1 gelas.

Perawatan Rambut
Tumbuk batang dan daun sampai halus. Oleskan hasil tumbukan keseluruh kulit kepala dan rambut.tutup kepala dengan sepotong kain. Biarkan selama 2-3 jam Selanjutnya bilas rambut denga n air hangat dan keramas sampai bersih.
lakukan 1 atau 2 minggu sekali....

Sakit Tenggorokan

30-60 bandotan segar ditumbuk halus, peras dan saring dengan menambahkan gula batu.Aduk sampai rata. Minum 2 ramuan dan lakukan 3 kali sehari.


Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat dari Bandotan sebagai obat alami. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar