06 April 2014

Khasiat dan Manfaat Tumbuhan Putri Malu

Putri Malu ( Mimosa pudica L.) adalah nama latin bagi tanaman ini.
Seperti halnya daun putri malu, yaitu tumbuhan yang daunnya selalu mengkerut saat disentuh. Secara biologi, tindakan putri malu tersebut dikarenakan kepekaannya terhadap sangsangan. Namun, secara sifat tindakan tersebut dianggap sebagai sifat pemalu pada tumbuhan, karena itulah disebut putri malu.

Selain pemalu, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak manfaat yang bisa banyak kita gunakan untuk obt penyakit mulia dari akar sampai daunnya. Putri malu (Mimosa pudica L.) banyak kita jumpai dirumput-rumput liar dan juga merupakan salah satu tumbuhan liar.

Sifat dan Khasiat

Semak berduri ini memiliki sifat manis, agak dingin, penenang, peluruh dahak, anti batuk, penurun panas anti radang, peluruh air seni. tumbuhan yang daunnya menutup bila disentuh.

Kegunaan Putri Malu untuk Pengobatan

Sulit Tidur

cuci 30g herba putri malu segar,lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin,saring dan air saringannya di minum sebelum tidur.

Batu saluran kencing
Cuci 20g herba putri malu segar,lalu rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa separunya.Setelah dingin,saring dan air saringannya diminum sekaligus.Sebaiknya,ramuan ini diminum pada malam hari.

Bronkitis kronis
1.Resep satu
cuci 60g akar putri malu segar,lalu potong potong seperlunya.Rebus dalam 3 gelas air dalam api kecil sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring dan air saringannya diminum untuk 2kali minum,pagi dan sore hari.Ramuan ini diminum untuk 10 hari.
2. Resep dua
Sediakan herba segar putrid malu dan pegagan (masing masing 30g),lalu cuci sampai bersih.Rebus dalam 3gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali,masing-masing 1\\2 gelas.

Batuk berdahak
Cuci 10-15g akar putri malu segar sampai bersih,lalupotong-potong seperlunya.Tambahkan 3 gelas air,lalu rebus sampai tersisa separonya.Setelah dingin,saring dan air saringanya diminum,sehari 3kali,masing-masing 1\\2 gelas.
Rematik
Cuci 15g akar putri malu segar,lalu potong-potong seperlunya.Tambahkan 500cc arak putih,lalu biarkan terendam selama 2 minggu.Gunakan arak putri malu ini untuk mengompres bagian sendi yang sakit.

Tidak ada komentar:
Write komentar