02 November 2014

Khasiat Buah Kelapa Ternyata Tak Sebagus Reputasinya


Khasiat buah kelapa tak sebaik reputasinya


G-SPOT-Air kelapa disebut sebagai air yang sangat menyehatkan dan diklaim bisa menggantikan minuman olahraga. Namun beberapa penelitian terbaru mengungkap bahwa air kelapa mungkin tidak se-ajaib itu. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa tak lebih baik dari air mineral biasa. Sementara ada penelitian yang mengungkap bahwa mineral dan vitamin dalam kelapa tak sehebat itu dan masih bisa didapatkan dari makanan lain yang menyehatkan.

Maddie Oatman dari Mother Jones juga mengamati kesehatan dari minyak kelapa. selama ini minyak kelapa dianggap menyehatkan untuk jantung, padahal penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa banyak mengandung lemak jenuh. Oatman juga mengungkap bahwa lemak jenuh seringkali berkaitan dengan kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Santan dari kelapa juga sebenarnya tak sebaik reputasinya. Penelitian menunjukkan bahwa 1/3 cangkir santan mengandung hingga 14,3 gram lemak jenuh. Ini hampir sama dengan jumlah lemak dalam satu sendok makan minyak kelapa, seperti dilansir oleh Care2 .

Meski begitu, minyak kelapa, santan, dan air kelapa juga tidak bisa disebut sebagai makanan yang tak sehat. Kelapa mengandung nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Hanya saja, harus diperhatikan juga jumlah minyak kelapa atau santan yang dikonsumsi. Jangan berlebihan, karena lemak di dalamnya juga bisa berimbas buruk untuk tubuh.

Tidak ada komentar:
Write komentar