10 September 2015

Cara Tepat Membuat Teh



G-SPOT-Mengonsumsi teh secara rutin setiap hari memberikan sederet manfaat kesehatan pada tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang salah dalam membuat teh sehingga khasiat yang didapat pun menjadi tidak maksimal.

Namun bagaimana cara yang tepat untuk menyeduh teh?

Cara yang paling tepat membuat teh adalah menyeduhnya dengan air panas, bukan air mendidih.
Air harus dididihkan terlebih dahulu. Setelah itu didiamkan kurang lebih selama lima menit hingga temperaturnya turun menjadi 80-an derajat Celcius, baru bisa digunakan untuk menyeduh teh.

Temperatur air yang ketika mendidih mencapai 100 derajat Celcius jika langsung digunakan untuk menyeduh teh akan merusak dan melenyapkan zat-zat baik yang terkandung di dalam teh. Itu lah sebabnya teh tidak boleh ikut direbus bersama air di atas kompor.

Selain itu, penting untuk memperhatikan porsi teh yang dikonsumsi agar asupan nutrisinya mencukupi kebutuhan tubuh.

Sekali minum teh itu idealnya sebanyak satu cangkir. Air yang dibutuhkan sebanyak 250 cc dan tehnya cukup satu sendok kecil.

Yang perlu diketahui adalah  agar tidak menyeduh teh lebih dari satu kali karena sudah tak ada lagi kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dan sebaiknya teh yang telah diseduh tidak didiamkan terlalu lama dalam keadaan terbuka.
Yang bagus itu langsung diminum karena kalau dibiarkan terlalu lama apalagi dalam kondisi terbuka akan menyebabkan proses oksidasi yang mampu menghilangkan kandungan nutrisi di dalam teh.

Tidak ada komentar:
Write komentar