08 Februari 2014

Anatomi Seksual Wanita : Anatomi Klitoris



Klitoris atau disebut juga preputium adalah organ sensorik utama wanita untuk mendapatkan gairah seksual. Klitoris terletak di dekat persimpangan labia minora dan memiliki ukuran kira-kira sebesar biji kacang. Anatomi klitoris sebagian tertutup oleh jaringan dan sebagian terlihat, terlebih jika vagina diregangkan. Jika ingin melihat klitoris Anda, ambilah cermin kecil dan letakkan di depan vagina Anda. Ambil posisi duduk jongkok dan cermin dihadapkan agak ke atas. Bukalah atau lebarkan bibir vagina Anda, klitoris Anda akan terlihat. Tambahkan rangsangan seksual agar klitoris semakin mengeras dan keluar lebih maju sehingga terlihat jelas




Sebenarnya anatomi klitoris tidak hanya itu (bagian yang terlihat), kelenjar klitoris memiliki struktur tambahan yang panjang melalui labia mayora dan di sekitar lubang vagina. Klitoris adalah struktur yang kompleks, dengan komponen baik internal dan eksternal, ukuran dan sensitivitas dapat sangat bervariasi dari berbagai wanita. Klitoris secara keseluruhan diperkirakan memiliki lebih dari 8.000 ujung saraf, jumlah yang paling banyak dibanding di bagian tubuh lain, bahkan lebih banyak dari ujung saraf pada glans(kepala) penis.


Bagian internal klitoris membentuk wishbone atau struktur mirip sayap yang berisi corpus cavernosum. Corpus cavernosum adalah bilik jaringan ereksi yang mirip dengan di batang penis pria. Ketika terangsang, corpus cavernosum terisi dengan darah sehingga menyebabkan ereksi klitoris.


Corpus cavernosum meluas beberapa sentimeter sebelum bercabang menjadi sepasang krura (kaki) disebut crus klitoris. Krura tersembunyi di balik labia minora dan terhubung dengan fourchette (titik terendah dari vulva).






Selain klitoris, ada struktur terpisah yang masih terkait dengan klitoris yaitu vestibular, yang terdiri dari jaringan ereksi yang sama. Sama seperti klitoris vestibular berbentuk benjolan(bulb atau pentol) namun ukurannya lebih besar. Vestibular terletak di bawah labia mayora. Saat terangsang, benjolan(bulb) tersebut akan terisi dengan darah dan menyebabkan vulva membengkak keluar.


Klitoris adalah daerah utama yang harus di rangsang untuk mencapai orgasme. Baik saat berhubungan seks ataupun masturbasi, wanita akan sangat sensitif dan terangsang saat mendapatkan stimulasi klitoris. Tidak seperti penis yang berfungsi sebagai organ reproduksi dan untuk sekresi urin, klitoris tidak memiliki kedua fungsi tersebut. Fungsi klitoris hanyalah untuk rangsangan seksual dan kesenangan.


Mayoritas perempuan (70-80%) mencapai orgasme hanya melalui stimulasi klitoris langsung. Baik dengan jari atau mulut yang merangsang kelenjar klitoris, kepala klitoris, atau batang klitoris. Karena seperti penis yang memiliki ribuan saraf, merangsang secara langsung dapat menimbulkan rasa sakit pada klitoris. Sehingga banyak wanita yang lebih suka mendapat rangsangan klitoris dengan lidah pasangannya dari pada denga jari.


Seorang psikolog terkenal, Sigmund Freud, menyebutkan bahwa ada 2 jenis orgasme wanita, yaitu orgasme klitoris dan orgasme vagina. Dia mengatakan orgasme klitoris akan sulit di dicapai wanita yang masih remaja atau seumuran anak SMP, sehingga mereka akan mendapatkan orgasme hanya melalui penetrasi vagina. Meski mendekati fakta, namun pendapat tersebut ditentang oleh Alfred Kinsey, seorang seksolog terkenal asal Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian Kinsey, dengan mengamati teknik masturbasi wanita, Dia menemukan bahwa sebagian besar wanita tidak bisa orgasme vagina, sebagian yang mendapatkan orgasme vagina juga telah melakukan stimulasi klitoris. Kinsey menyimpulkan, orgasme vaginal secara fisiologis hampir mustahil karena vagina hanya memiliki lebih sedikit ujung saraf dibanding klitoris.


Setelah penelitian Kinsey, berbagai penelitian tentang orgasme klitoris dan vagina telah dikembangkan. Salah satunya yang dilakukan pleh Master dan Johnson. Mereka menyimpulkan bahwa orgasme vagina dan orgasme klitoris berbagi tahap yang sama persis dari respon fisik. Yang disebut orgasme vaginal adalah hasil dari stimulasi klitoris tidak langsung, seperti menggosok klitoris saat berhubungan seks penetratif dan stimulasi internal bagian klitoris.Baca juga Anataomi Seksual Wanita:Vulva

Tidak ada komentar:
Write komentar