04 Maret 2014

Khasiat Cocor Bebek

Cocor bebek atau suru bebek (Latin:Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum) adalah tumbuhan sukulen (mengandung air) yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun (tunas/adventif).

Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu.

Kandungan:
- asam lemon
- asam apel
- vitamin C
- glukoside
- tanin
- bryophyllin A (senyawa anti tumor)


Khasiat:
Dalam pengobatan tradisional cocor bebek digunakan untuk mengobati infeksi, peradangan, hipertensi, batu ginjal, dan rematik.
Daun cocor bebek mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi, serta mengandung pula glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Selain itu cocor bebek juga dapat mengobati sakit kepala, batuk, sakit dada,borok, bisul, melancarkan haid ,serta menurunkan demam.
daun cocor bebek juga dapat mengobati wasir. karena daun sosor bebek (kalanchoe pinnata)memiliki sifat yang dingin serta berkhasiat sebagai penyejuk & antiseptik. juga, memiliki sifat astringen (menciutkan) dan antiradang yang dapat membantu menciutkan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan dan membantu menghilangkan peradangan.

Pada dasarnya seluruh bagian tanaman cocor bebek bisa digunakan sebagai obat, akan tetapi kebanyakan yang sering dipakai adalah daun cocor bebek, bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak mengandung air dan berlendir.
Daun cocor bebek banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin.

Cara penggunaan daun cocor bebek untuk mengatasi beberapa penyakit.
  • Daun Cocor bebek untuk mengatasi wasir, Daun cocor bebek dicuci bersih, diangin anginkan sampai kering lalu ditumbuk sampai menjadi bubuk. Seduh satu sendok bubuk dengan air panas dalam cangkir, tambahkan satu sendok madu, minum hangat hangat 3x/hari.
  • Daun cocor bebek untuk mengatasi nyeri lambung, Lima lembar daun cocor bebek diperas tambah sedikit garam dan diminum air perasan nya.
  • Daun cocor bebek untuk mengatasi muntah darah, Tujuh lembar daun cocor bebek dilumatkan, tambahkan gula merah, tim dan minum selagi hangat.
  • Daun cocor bebek untuk mengatasi radang amandel, 10 lembar daun cocor bebek dilumatkan dan gunakan airnya untuk kumur kumur.
  • Daun cocor bebek untuk mengatasi radang telinga luar, Gunakan air perasan daun cocor bebek sebagai obat tetes telinga.
  • Daun cocor bebek sebagai obat bisul, Ambillah 30 – 60 gr daun cocor bebek segar dan dilumatkan, ambil air lumatannya, tambahkan dengan madu dan diminum, sisa air lumatannya tersebut ditempelkan dibagian yang sakit.
Demikianlah manfaat daun cocor bebek untuk mengatasi beberapa penyakit.Semoga bermanfaat.Baca juga Khasiat Daun Katuk untuk pengobatan.

1 komentar:
Write komentar