19 September 2014

Resep Membuat Es Lumut

Seperti yang kita ketahui bahwa Lumut merupakan sejenis ganggang yang terdapat didalam air atau di tempat-tempat yang lembab dan bukan merupakan makanan atau minuman, namun jangan salah... ternyata lumut yang satu ini sangat segar dan nikmat kala disajikan menjadi minuman es, karena bukan lumut sesungguhnya yang di gunakan sebagai bahan pembuatannya namun lumut pada Es Lumut terbuat dari agar-agar yang berwarna hijau (menyesuaikan warna lumut) yang dibuat mirip layaknya lumut aslinya, rasa.

Es Lumut sangatlah segar dan nikmat dan juga sangat baik untuk pencernaan karena mengandung banyak serat, serat yang diperoleh dari kandungan rumput laut sebagai bahan utama pembuat agar-agar, minuman yang segar, nikmat serta sehat bukan...? Tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah, berikut adalah resep cara membuat Es Lumut :

Bahan : 


Agar-agar hijau 1 bungkus
Santan cair 600 ml
1000 ml air
Gula pasir 100 gram
Daun pandan 1 lembar
Pasta pandan 1/8 sendok teh
1/4 sendok teh garam
Es Batu balok

Pelengkap :


Susu kental manis atau sirup secukupnya
Es serut

Cara Membuat:


Masak santan, agar-agar, gula pasir, daun pandan, pasta pandan dan garam sambil diaduk hingga mendidih, kemudian angat dan taruh diwadah dinginkan namun tidak sampai mengental/padat.
siapkan es batu balok dan air
tuangkan adonan agar-agar yang belum mengental ke atas es balok sedikit-demi sedikit namun mengalir dan biarkan jatuh diatas air, lakukan terus hingga adonan habis
kemudian tiriskan hasil adonan yang telah berbentuk seperti lumut
untuk menyajikannya taruh lumut didalam gelas saji atau mangkuk saji kemudian tambahkan es serut diatasnya dan beri susu kental manis atau sirup sesuai selera secukupnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar